BERSAMA Menuju Sumba Barat Daya

BERSAMA Menuju Sumba Barat Daya

INSPIRASI Meluncurkan Program BERSAMA Berkolaborasi dengan WLF,

INSPIRASI Foundation akan meluncurkan Program Belajar Berubah Bersama untuk Siswa (BERSAMA) di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program ini merupakan program pelatihan kepala sekolah dan guru untuk tingkat sekolah dasar. Sebagai persiapan, INSPIRASI telah melakukan kick off meeting dengan William & Lily Foundation sebagai mitra donor dan Article 33 Indonesia selaku mitra evaluasi program melalui aplikasi Zoom, Rabu (31/3) lalu.

Sesuai namanya, Program BERSAMA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di Sumba Barat Daya. Untuk itu, INSPIRASI akan melakukan pelatihan kepemimpinan pembelajaran dan pembangunan komunitas praktisi melalui organisasi K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dan KKG (Kelompok Kerja Guru) selama 24 bulan.

Selain bermitra dengan para pengawas dan pengurus K3S/KKG dalam pelaksanaan pelatihan, INSPIRASI juga akan membantu Dinas Pendidikan setempat dalam bentuk asistensi teknis. Asistensi ini sebagai tindak lanjut program atau kegiatan pascaprogram yang bertujuan untuk menyusun rencana strategis demi keberlanjutan (sustainability) program BERSAMA.

Materi pelatihan yang akan diberikan kepada pengawas dan pengurus K3S/KKG berkaitan dengan pekerjaan keseharian, seperti bagaimana membangun komunitas praktisi, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, melakukan supervisi akademik, pola pikir berkembang, serta pendampingan langsung/coaching ke sekolah-sekolah. 

Pelaksanaan program ini akan difokuskan pada 2 wilayah kecamatan di Sumba Barat Daya dengan jumlah kurang lebih 25 SD tiap kecamatan. Untuk evaluasi program, INSPIRASI akan menggandeng Article 33 Indonesia sebagai mitranya. Sebagai mitra evaluasi, Article 33 Indonesia akan mendesain dan menyusun instrumen, mengumpulkan data, hingga menganalisis temuan terkait program.

Kolaborasi yang dibangun INSPIRASI bersama para mitra ini diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan literasi dan numerasi di Sumba Barat Daya. Program ini adalah bentuk langkah INSPIRASI untuk mendorong perubahan yang lebih baik di dunia pendidikan Indonesia.

Penulis: Tania Yasmin

Editor: Masdar Fahmi

No Comments

Post A Comment