Kabupaten Tegal Gandeng INSPIRASI BERKUALITAS Untuk Perbaikan Kualitas Kepala Sekolah

Kabupaten Tegal Gandeng INSPIRASI BERKUALITAS Untuk Perbaikan Kualitas Kepala Sekolah

Setelah Karawang dan Sumba Barat Daya, Kabupaten Tegal kini resmi menjadi daerah implementasi Program INSPIRASI BERKUALITAS. Pada 30 November 2021 lalu bertempat di Hotel Grand Dian Slawi, INSPIRASI Foundation secara resmi membuka program INSPIRASI BERKUALITAS (Belajar Bersama Kuatkan Potensi Siswa melalui Komunitas). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, H. Akhmad Was’ari, S. Pd, M. Pd, Direktur Eksekutif INSPIRASI Foundation, Patrya Pratama, Analis Inovasi Tanoto Foundation, Monica Agnes Sylva, Koordinator Wilayah Kecamatan, pengawas, pengurus K3S, dan seluruh kepala sekolah yang ada di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Sebelumnya pada 1 Oktober 2021,  penandatanganan nota kesepakatan telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal dan INSPIRASI Foundation.

Dalam program INSPIRASI BERKUALITAS di Tegal, INSPIRASI Foundation bermitra dengan 44 kepala sekolah negeri maupun swasta (40 sekolah negeri dan 4 sekolah swasta). Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tegal -Akhmad Was’ari menyambut baik kerjasama tersebut. Pihaknya mendorong kepala sekolah agar menjadi pribadi yang hebat, inovatif, dan kreatif. Dalam sambutannya, beliau juga menyelipkan harapan bahwa lahirnya pemimpin yang inspiratif, secara otomatis akan melahirkan siswa berprestasi.

Adapun tujuan pelaksanaan program INSPIRASI BERKUALITAS adalah meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa di sekolah. Program ini dilakukan dengan mengembangkan kompetensi kepemimpinan pembelajaran dari kepala sekolah di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) melalui workshop dan pendampingan individu. 

“Tanoto Foundation sangat mendukung program ini, karena kami bisa melihat inovasi-inovasi apa yang ada untuk mendukung pendidikan dan kami melihat kepemimpinan di sekolah sangatlah penting,” tambah Monica selaku Analis Inovasi Tanoto Foundation.

Di fase awal program, INSPIRASI Foundation mengadakan workshop komunitas guna melatih para pengawas dan pengurus K3S agar memiliki kecakapan sebagai fasilitator dalam mengelola workshop kepala sekolah. Setelah itu, para kepala sekolah yang sudah mendapat pelatihan akan memfasilitasi workshop kepala sekolah yang dihadiri oleh seluruh anggota K3S. Pada tahapan akhir, INSPIRASI Foundation bersama pengawas setempat akan ke sekolah-sekolah untuk mendampingi kepala sekolah mempraktikkan materi yang diberikan di workshop. 

Serangkaian kegiatan ini tentunya akan membantu kepala sekolah untuk memberdayakan potensi guru dan siswa, serta dapat memimpin sekolahnya lebih baik lagi. Para pengurus K3S dan pengawas yang sudah terlatih, nantinya juga dapat mendorong KKG (Kelompok Kerja Guru) lebih aktif lagi belajar bersama melalui workshop-workshop guru. 

Pendekatan yang dilakukan INSPIRASI Foundation melibatkan berbagai pihak mulai dari pengawas, kepala sekolah, guru, hingga nanti siswa sebagai penerima manfaat. Artinya, semua pihak berperan penting terhadap keberhasilan program INSPIRASI BERKUALITAS. Harapannya, serangkaian kegiatan tersebut dapat mendorong pengurus K3S dan pengawas sebagai motor penggerak lahirnya kepala sekolah dan guru BERKUALITAS di Kabupaten Tegal. 

“Maju tidaknya sekolah, berkembang dan BERKUALITASnya suatu sekolah, tergantung bapak ibu kepala sekolah sekalian. Ini bagian dari ikhtiar meningkatkan manajerial serta kualitas pemimpin yang endingnya pada kualitas pendidikan.” Tambah Was’ari, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

INSPIRASI Foundation pun meyakini bahwa INSPIRASI BERKUALITAS menjadi salah satu kesempatan emas untuk mengejar waktu yang terbuang karena pandemi Covid-19. Pihaknya berharap, kerja sama ini dapat membantu memajukan kualitas pendidikan di Kabupaten Tegal. “Untuk itu INSPIRASI BERKUALITAS menyasar siswa Sekolah Dasar terutama kelas 1, 2, dan 3, guna mengoptimalkan proses belajar yang selama ini dilakukan dari rumah”, Patrya Pratama.

Penulis: Dita Febaranti

Editor: Nur Cahaya, Masdar Fahmi

No Comments

Post A Comment