Laporan Studi Akhir Program Rintisan 1 Karawang

Category
Publikasi
About This Project

Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih Prestasi (INSPIRASI) adalah yayasan yang didirikan oleh Global School Leaders (GSL) yang menjembatani para filantrop, praktisi pendidikan, akademisi, dan pengambil kebijakan untuk menciptakan inovasi dalam kepemimpinan sekolah di Indonesia. Yayasan ini berfungsi sebagai mesin riset yang menerapkan program-program rintisan dan mengumpulkan bukti terkait aspek-aspek yang dapat secara efektif membantu para pimpinan sekolah (PS) memastikan pemelajaran yang lebih baik di sekolah mereka.

Bekerja sama dengan The SMERU Research Institute, INSPIRASI menyelenggarakan studi akhir Program Rintisan 1 Karawang terhadap 25 sekolah mitra. Tujuan utama dari laporan ini adalah mendokumentasikan dampak dari pelaksanaan program rintisan pengembangan profesi kepala sekolah yang dilaksanakan oleh INSPIRASI. Aspek-aspek yang dilihat dalam mengukur dampak dari program ini adalah aspek kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, praktik mengajar guru, dan hasil belajar siswa. Ketiga aspek utama tersebut dibandingkan antara situasi survei awal (sebelum program) dan setelah pelaksanaan program (survei akhir). Selain itu, situasi pandemi COVID-19 yang terjadi pada periode pelaksanaan program
mengharuskan dilakukan berbagai penyesuaian baik dalam hal pelaksanaan program maupun kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh sebab itu, laporan ini juga mendeskripsikan situasi pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah mitra INSPIRASI dan juga mendeskripsikan penyesuaian yang dilakukan dalam pelaksanaan program.