Patrya Pratama

Patrya Pratama

TIM PENGURUSFounding CEO & Direktur Eksekutif

Patrya Pratama, 32 tahun, adalah Founding CEO sekaligus Direktur Eksekutif Yayasan INSPIRASI. Semangat Patrya dalam Pendidikan kembali pada tahun 2010, tepatnya setelah menyelesaikan gelar sarjana. Ia menjadi guru sukarela untuk Indonesia Mengajar, di desa terpencil di Kalimantan Timur. Sejak berkiprah di dunia Pendidikan tersebut, Patrya memiliki beberapa peran terkait kebijakan Pendidikan, termasuk tugas untuk Bank Dunia Indonesia dimana ia melakukan tinjauan reformasi kebijakan guru nasional dan Anggota Staf Khusus untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2015-2016. Pada saat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ia memimpin pengaturan mengenai unit pengiriman tingkat kementerian yang mengawasi pelaksanaan Prioritas Reformasi Program. 

Sebelum memimpin Yayasan INSPIRASI, Patrya adalah bagian dari Unit Pengiriman Gubernur DKI Jakarta, dimana ia mengawasi penganggaran dan perencanaan beberapa program Pembangunan Ekonomi utama.

Patrya meraih gelar Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia, dan Magister Administrasi Publik dan Magister Kebijakan Publik (Dual Degree) dari Sekolah Kebijakan Lee Kuan Yew, Universitas Nasional Singapura dan London School of Economics. Di waktu luangnya, Patrya menjadi sukarelawan untuk AFS Bina Antar Budaya, sebuah program pertukaran pelajar antarbudaya dimana ia pernah berpartisipasi ke Amerika Serikat pada tahun-tahun sekolah menengahnya.

Cici Tri Wanita

Cici Tri Wanita

TIM PENGURUSSenior Program Manager

Cici T. Wanita, pekerja di dunia pendidikan dan bidang perkembangan di Indonesia sejak 2009. Berlatar belakang pendidikan matematika, Cici memulai karir dengan menjadi guru matematika di sekolah negeri, swasta dan internasional sehingga mempunyai pengalaman mengajar dengan berbagai kurikulum. Menjadi katalis perkembangan adalah passion-nya, sehingga selama tiga tahun terakhir ini Cici lebih fokus bekerja di dunia perkembangan, khususnya program-program pendidikan yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru, kepala sekolah dan pihak-pihak terkait. Ruang lingkup pekerjaannya adalah merancang dan mengimplementasikan program pengembangan kompetensi dengan fokus pada fasiltasi proses. Contoh program yang pernah dilakukan meliputi workshop berkelanjutan, fasilitasi di sekolah, atau online course. Saat ini di INSPIRASI, bertanggung jawab terhadap rancangan, implementasi dan evaluasi program.

Yoni Nurdiansyah

Yoni Nurdiansyah

TIM PENGURUSProgram Manager

Yoni Nurdiansyah, Pria kelahiran Majalengka, telah berkiprah di dunia Pendidikan sejak masa-masa kuliah Sarjana di Universitas Pendidikan Indonesia. Memulai karir sebagai Asisten Dosen lalu dilanjutkan dengan peran sebagai Guru Geografi, membawa Yoni berkeliling Indonesia mulai dari Jawa Barat hingga Gorontalo dan Kalimantan Selatan. Passion Yoni pada dunia Pendidikan mengarahkannya untuk mengambil short course di bidang kepemimpinan dan teknologi Pendidikan di Arizona State University, USA. Selain itu, pengalaman Yoni di bidang kepemimpinan kepala sekolah juga didukung dari pengalaman beliau sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Bosowa Cilegon. 

Untuk memperkaya ilmunya di bidang kepemimpinan kepala sekolah, Yoni mengambil gelar Pasca Sarjana di bidang Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan di Universitas Nottingham, United Kingdom. Yoni juga aktif menulis makalah, diantaranya The Role of School Principals Promoting ICT Integration in 21st Century Classroom in Indonesia, Pro Konta dan Wacana Penghapusasn Ujian Nasional 2017, dan masih banyak tulisan lainnya yang telah dipublikasikan baik nasional maupun internasional. Berbekal pada pengalaman di bidang kepemimpinan sekolah dan Pendidikan lainnya, Yoni bertanggung jawab sebagai Program Manager di INSPIRASI.

Nur Cahaya

Nur Cahaya

TIM PENGURUSOperational Manager

Nur Cahaya, akrab dipanggil Cahaya, wanita kelahiran Lampung, mencintai pendidikan sejak berkuliah di Institut Pertanian Bogor. Berawal dari aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa memegang peran di Sosial Kemasyarakatan, kecintaannya terhadap Pendidikan tumbuh semakin tinggi. Peran aktif di dunia Pendidikan didukung dengan keikutsertaannya di program Indonesia Mengajar pada tahun 2014-2015, ditempatkan di Kampung Urat, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Kemudian, hal tersebut membawanya kepada inovasi-inovasi Pendidikan di Kementerian Pendidikan sebagai tim dari Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Daya Saing, Pak Ananto Kusuma Seta. Menurutnya, Pendidikan tidak hanya berbicara tentang SD, SMP, dan SMA, Pendidikan berbicara tentang semua bidang mulai dari pertanian hingga teknologi. Sebagai alumni bidang pertanian, Cahaya melanjutkan karirnya di berbagai perusahaan startup dan NGO di bidang pertanian seperti eFishery (startup bidang teknologi perikanan, menangani terkait komunitas dan strategic account) dan SCOPI (Platform Kopi Nasional, menangani terkait program-program kopi dari hulu hingga hilir). Pengalamannya pada bidang Pendidikan dan perusahaan startup membawanya untuk menimba ilmu kembali membangun Yayasan INSPIRASI dan bertanggung jawab untuk operation, legalfinance, administration, dan communication Yayasan.

Kardiawarman

Kardiawarman

TIM PengurusPolicy Advisor

Bapak Kardiawarman adalah seorang Konsultan Senior di dunia pendidikan. Beliau mendapatkan gelar Master of Science, MS. Teknik Terapan Fisika dari Binghamton University pada 1989. Beliau juga telah mendapatkan gelar PhD dalam bidang Teknik Terapan Fisika dari University at Albany,SUNY.  Bapak Kardiawarman berpengalaman sebagai Konsultan Senior di Palladium dalam Program TASS dari tahun 2017 hingga saat ini.

Iin Rahmawati

Iin Rahmawati

TIM PengurusField Officer

Ibu Iin Rahmawati mempunyai pengalaman 14 tahun bekerja dalam bidang pendidikan dan program pengembangan kapasitas untuk anak-anak, pemuda, guru, kepala sekolah, komite, pengawas, dan juga staf Pemerintah Daerah. Selama 14 tahun, Ibu Iin aktif dalam berbagai proyek pendidikan diantaranya RKAS (Proyek World Bank), PINTAR, Proyek USAID Prioritas, Proyek DBE dan masih banyak sekali proyek lainnya.

 

J.W. Saputro

J.W. Saputro

DEWAN PEMBINA

Profesor J.W. Saputro adalah seorang profesor informatika. Menyelesaikan PhD di Universitas Wisconsin-Madison, beliau juga mengajar menjadi dosen di Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Malaysia, dan Indonesia. Prof. J.W.Saputro juga mempunyai keahlian di bidang otomatisasi proses bisnis, e-government, dan big data. Beliau adalah pendiri dari the Indonesian Olympiad dalam bidang informatika sejak 1995 (www.toki.or.id) yang telah mengembangkan talenta IT di Indonesia selama 25 tahun terakhir. Sejak 2011, Prof. J.W.Saputro mendirikan MCA Indonesia (www.mca.indonesia.go.id) dan menjabat sebagai CEO. Kemudian beliau juga mendirikan DIPI (www.dipi.id) dan menjabat sebagai Direktur Eksekutif pertama di organisasi tersebut.

Saat ini beliau sedang fokus mengembangkan Institut 1945, sebuah inkubator startup yang mempunyai fokus dalam pengembangan teknologi, untuk menjembantani antara penelitian dan inovasi dalam dunia akademisi dan industri.

Dr. Mayling Oey

Dr. Mayling Oey

DEWAN PEMBINAGuru Besar Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (FEUI)

Ibu Mayling Oey-Gardiner adalah profesor emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, di mana ia menjadi profesor perempuan pertama pada 2001. Beliau mendapatkan gelar master dalam bidang sosiologi (dari College of William and Mary) dan Population Science (dari Harvard School of Public Health) serta gelar PhD dalam bidang demografi dari Australian National University pada 1982. Ibu Mayling berpengalaman lebih dari 40 tahun sebagai demografer sosial baik mengajar maupun melakukan riset, termasuk untuk isu-isu gender, pendidikan serta isu mengenai perempuan dan dunia kerja. Pada 2008, Ibu Mayling terpilih menjadi bagian dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), dan sejak 2018 menjadi Ketua Komisi Ilmu Sosial AIPI. Sesuai dengan misi AIPI untuk melakukan advokasi keilmuan secara nasional, Ibu Mayling kini terus aktif menyebarkan pengetahuan kepada para ilmuwan dan periset lokal di Indonesia melalui aneka kajian seminar untuk berbagi informasi dan pengetahuan mengenai isu-isu pembangunan international dan lokal.

H. Soewarno Mohammad Serad

H. Soewarno Mohammad Serad

DEWAN PEMBINA

Elan Satriawan, PhD

Elan Satriawan, PhD

DEWAN PENGAWASHead of Policy Working Group TNP2K dan Dosen di UGM

Elan Satriawan, Ph.D adalah dosen dan peneliti dari Fakultas Ekonomica dan Bisnis (FEB), Universitas Gajah Mada. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Policy Working Group Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di bawah kantor Wakil Presiden Republik Indonesia. Mendapatkan gelar Master of Economics Development, dari Australian National University, Canberra dan Doktor dari Michigan State University. Area riset Pak Elan mencakup evaluasi program pengentasan kemiskinan, ekonomi pembangunan dan isu pendidikan dan kesehatan di negara berkembang. 

Phillia Wibowo

Phillia Wibowo

DEWAN PENASIHATManaging Partner McKinsey & Company

Phillia Wibowo bergabung dengan McKinsey pada 1998 sebagai konsultan pertama yang direkrut dari universitas di Indonesia. Kemudian ia menjadi partner perempuan pertama dari Indonesia di McKinsey & Company, dan kini menjadi Presiden Direktur dari McKinsey & Company Indinesia. Phillia juga menjadi kepala McKinsey Organization Practice di Asia Tenggara, yang fokus pada upaya mendorong program perubahan berskala besar melalui peran kepemimpinan. Phillia juga adalah co-founder dari Young Leaders for Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikan MBA dari Kellog School of Management dan S1-nya dalam bidang Matematika dari Intitut Teknologi Bandung di Indonesia.