INSPIRASI FOUNDATION MELAKSANAKAN PROGRAM REMEDIAL NUMERASI BERBASIS PRINSIP PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DI 25 SEKOLAH KECAMATAN RAWAMERTA

INSPIRASI FOUNDATION MELAKSANAKAN PROGRAM REMEDIAL NUMERASI BERBASIS PRINSIP PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DI 25 SEKOLAH KECAMATAN RAWAMERTA

Karawang, 12 Juli 2022 – INSPIRASI Foundation melakukan Pilot Program Remedial Numerasi Berbasis Prinsip Teaching at the Right Level (TaRL) di Kabupaten Karawang melalui pelatihan guru dan kepala sekolah. Sebelumnya pada Maret hingga Mei, INSPIRASI telah melakukan uji coba program di 3 sekolah dasar. Dari keberhasilan uji cobanya, program yang diadaptasi dari Botswana dan India ini pun mulai diperluas jangkauannya ke 25 sekolah dasar mitra di Kecamatan Rawamerta. 

Pelatihan program ini dimulai pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2022 di SDN Sukamerta I, Kecamatan Rawamerta, Kab. Karawang. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi GTK Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karawang, Bapak DR. Mulyana Surya Atmajaya, M.Pd., dan disambut oleh 16 kepala sekolah serta 50 guru dari 25 sekolah yang terlibat dengan antusias. Koordinator Wilayah (Neneng Herlina, S.Pd) dan Pengawas Pendidikan Dasar (Mayudin, S.Pd) Kecamatan Rawamerta juga turut hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pelatihan dan implementasi program.

Tidak hanya itu, melihat adanya korelasi antara prinsip yang digunakan program dengan pendekatan pembelajaran terdiferensiasi yang saat ini sedang dirancang oleh Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi, Bapak Jatnika Hermawan selaku bagian dari GTK Dikdas Kemendikbud-ristek dan Bapak Asep Agus Sulaeman selaku perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat turut hadir untuk mengobservasi metode dan bentuk pelatihan yang dilakukan. Turut hadir pula salah satu mitra INSPIRASI Foundation, yaitu PT. Triputra yang diwakili oleh Bapak Firman, untuk melihat potensi keberlanjutan program. 

Program Remedial Numerasi ini merupakan program yang ingin menjawab permasalahan learning loss atau ketertinggalan pembelajaran siswa(i) pasca pandemi khususnya pada numerasi dasar. Melalui kelas tambahan berprinsip TaRL yang membagi siswa(i) kedalam kelompok sesuai dengan level numerasinya (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian habis, dan pembagian sisa), guru diharapkan dapat menentukan level kompetensi siswa(i) secara akurat serta dapat fokus menganalisis hasil proses pembelajaran. Pada akhirnya, guru dapat secara tepat memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa(i) dengan dukungan penuh dari kepala sekolah. 

Kekuatan program ini juga dihadirkan dalam kolaborasi bersama mitra yaitu Global School Leaders (GSL), Youth Impact, dan Kemendikbud-ristek, serta didanai oleh Asian Development Bank Institute (ADBI) atau Institusi Bank Pembangunan Asia.

Harapannya Program Remedial Numerasi Berbasis Prinsip Teaching at the Right Level (TaRL) dapat menjadi titik awal yang baik untuk para guru dan kepala sekolah, untuk lebih mengenali prinsip pembelajaran terdiferensiasi yang dirancang oleh Kemendikbud-ristek. Keberlanjutan pasca pendampingan pun dapat secara mandiri dilakukan sekolah setelah 2 bulan implementasi program bersama INSPIRASI Foundation.

 

No Comments

Post A Comment