44 Sekolah di Tegal Implementasikan Program “Inspirasi Berkualitas”

44 Sekolah di Tegal Implementasikan Program “Inspirasi Berkualitas”

Salah seorang Peserta tengah melakukan simulasi pembelajaran dalam Workshop Program Inspirasi Berkualitas di Tegal

TEGAL, iNews – Demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa, sebanyak 44 sekolah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sepakat mengimplementasikan program “Inspirasi Berkualitas“.

Inspirasi berkualitas adalah Program Belajar bersama untuk menguatkan potensi siswa melalui komunitas yang dilaksanakan oleh Inspirasi Foundation, lembaga nonprofit dan independen yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa melalui dukungan peningkatan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, khususnya terkait pembelajaran.

Inspirasi Foundation bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal telah bersepakat melakukan kerjasama mengimplementasikan program Inspirasi Berkualitas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa melalui pengembangan kompetensi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S).

Kerjasama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Tegal Akhmad Was’ari, S.Pd., M.M serta Direktur eksekutif Inspirasi Foundation Patrya Pratama.

“Program akan dijalankan dalam bentuk workshop dan pendampingan yang terdiri dari beberapa siklus,” Ujar Fasilitator Inspirasi Foundation Masdar Fahmi kepada iNews hari ini.

Pertama Inspirasi Foundation akan melatih Pengawas dan Pengurus K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) untuk menjadi fasilitator dalam Workshop Kepala Sekolah.

Kedua, Workshop Kepala Sekolah ditujukan untuk semua anggota K3S yang akan difasilitasi oleh pengawas dan pengurus K3S. Ketiga, pendampingan individu kepala sekolah, pada tahapan ini INSPIRASI bersama pengawas setempat akan melakukan pendampingan kepala sekolah dan melihat praktik langsung kepala sekolah dalam menerapkan materi-materi di Workshop Kepala Sekolah.

Sebelum memfasilitasi Workshop Kepala Sekolah, Pengawas dan Pengurus K3S akan melakukan persiapan pendalaman materi melalui Simulasi Workshop.

“Selain memfasilitasi terjadinya kegiatan Workshop Kepala Sekolah, nantinya Pengurus K3S & Pengawas juga akan mendorong aktifnya kegiatan di tingkat KKG (Kelompok Kerja Guru) melalui Workshop Guru.”Harapannya para pengurus K3S dan pengawas juga akan menjadi motor penggerak kegiatan peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah di lingkungannya,” jelasnya.

Sekolah yang terlibat di Tegal, ada 44 sekolah, terdiri dari 40 sekolah negeri dan 4 sekolah swasta. Program yang juga didukung oleh TANOTO Foundation ini akan berlangsung hingga Juli 2023. “Kami berharap program ini akan ikut berkontribusi memajukan pendidikan di Kabupaten Tegal,” tandas Fahmi.

 

Editor : Muhammad Burhan

Sumber: inews.id

No Comments

Post A Comment